Ada kesalahan di dalam gadget ini

26 April 2007

Profil Singkat Penulis

Profil Singkat Penulis

Masnur Muslich dilahirkan di Mojokerto, 22 Februari 1956. Pendidikan dasar ditempuhnya di Madrasah Ibtidaiyah (MI) di daerah kelahirannya. Pendidikan Menengah ditempuhnya di Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN) di Mojokerto. Gelar sarjana muda pendidikan (BA) dan sarjana lengkap pendidikan (Drs.) bidang Bahasa dan Sastra Indonesia diperolehnya di IKIP Negeri Malang (sekarang Universitas Negeri Malang) masing-masing pada tahun 1978 dan 1980. Gelar Master of Science (MSi) bidang ilmu-ilmu sosial diperolehnya di Universitas Airlangga pada tahun 1998 dengan sponsor Bank Dunia.

Sejak tahun 1980 sampai sekarang ia menjadi dosen tetap di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Matakuliah yang pernah dibinanya adalah Bahasa Indonesia Keilmuan (BIK), Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA), Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Fonologi Bahasa Indonesia, Morfologi Bahasa Indonesia, Sintaksis Bahasa Indonesia, Pengembangan Buku Teks, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, dan Keterampilan Menulis. Pada tahun 2006 ia sempat ditugaskan di Prince of Songkhla University, Thailand, selama satu semester sebagai Pembina matakuliah Indonesian Studies. Jabatan Lektor Kepala dalam bidang Penulisan Karya Ilmiah diperolehnya pada tahun 2003.

Kegiatan penelitian yang pernah dilakukan antara lain tentang Sistem Morfologi Bahasa Tetun di Timor Timur, Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia Siswa SD Jawa Timur, Pengembangan Tes Kemampuan Membaca Tingkat Dasar, dan Upaya Hegemoni Presiden Habibie dalam Pemertahanan Kekuasaan.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat diarahkan pada pembinaan penulisan buku pelajaran terhadap guru-guru SD, SMP, SMA yang ingin mengembangkan keterampilan menulis. Kegiatan ini diwadahinya dalam yayasan yang dimilikinya (Yayasan Asih Asah Asuh Malang) sejak tahun 1986 sampai sekarang. Lewat pembinaan ini telah dihasilkan penulis-penulis buku pelajaran yang professional dari berbagai bidang studi dan dari berbagai jenjang pendidikan.

Ia sendiri telah menulis buku sedikitnya 72 jilid, mulai dari buku pelajaran bahasa Indonesia untuk SD, SMP, SMA, sampai dengan buku referensi untuk mahasiswa. Dari buku yang dihasilkan, yang best seller (mendapatkan sambutan nasional) adalah Pelajaran Bahasa Indonesia SD (18 jilid, Kurikulum 1984), Pelajaran Bahasa Indonesia SMP (9 jilid, Kurikulum 1984 dan 6 jilid Kurikulum 1994), Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia SMA (9 jilid Kurikulum 1984 dan 6 jilid Kurikulum 1994), dan Dasat-dasar Pemahaman Kurikulum 1994. Pada dua tahun terakhir ini ia menyusun buku Fonologi Bahasa Idonesia, Morfologi Bahasa Indoesia, Bahasa Indonesia pada Era Globalisasi, Perencanaan Bahasa pada Era Globalisasi, Perkembangan Bahasa Indonesai pada Era Globaisasi, KTSP: Pemahaman dan Pengembangannya, KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Sertifikasi Guru Menuju ke Arah Guru Profesional, dan Bagaimana Menulis Skripsi?. Dalam rangka menyambut pemberlakuan KTSP, saat ini ia sedang menyelesaikan penulisan buku pelajaran untuk SD, SMP, dan SMA.

Di sela-sela kesibukanya sebagai dosen dan penulis, ia juga menjadi nara sumber pada berbagai forum seminar dan/penataran dalam rangka sosialisasi KTSP dan sertifikasi guru.

Bagi yang ingin berkorespondensi, ia menyediakan alamat e-mail: muslich_m@yahoo.co.id.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar