Ada kesalahan di dalam gadget ini

26 Agustus 2007

Laporan Pembimbingan dan Editing Penulisan Buku Ajar

Oleh
Masnur Muslich
Jurusan Sastra Indonesia
Fakultas Sastra
Universitas Negeri Malang

I. Latar Belakang

Kegiatan Pembimbingan dan Editing Penulisan Buku Ajar Bahasa Indonesia SD Laboratorium Universitas Negeri Malang ini dilegalisasikan oleh Surat Tugas Dekan Fakultas Sastra UM Nomor 1218/J36.1.1/AK/2007 tanggal Juni 2007 sebagai tindak lanjut dari SK Kepala SD Laboratorium No. 58/J36.24.2/KP/2007 tanggal 19 Februrai 2007 tentang Team Editing Buku Ajar SD Laboratorium UM.
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan SD Laboratorium Universitas Negeri Malang, khusus bahan pembelajaran. Apalagi, pada tahun-tahun terakhir ini kehadiran SD Laborium UM telah mendapatkan tempat di hati masyarakat sehigga pemenuhan kualitas menjadi tolok ukur utama.
Atas pertimbangan itulah, penugasan Pembimbingan dan Editing Penulisan Buku Ajar Bahasa Indonesia perlu dilaksanakan secara terprogram sehingga target yang diharapkan bisa terpenuhi.

II. Tujuan
Tujuan kegiatan Pembimbingan dan Editing Penulisan Buku Ajar Bahasa Indonesia SD Laboratorium Universitas Negeri Malang ini adalah memberikan tutorial kepada penulis buku ajar bahasa Indonesia agar memperoleh buku ajar yang berkualitas, yaitu buku ajar yang memeuhi persyaratan teoreris, pedagogis, dan bermakna, serta sesuai dengan kurikulum yang sedang berlaku (KTSP).
Secara khusus, kegiatan ini diarahkan pada penyusunan modul dan lembar kegiatan mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk semua kelas, yang dapat mendorong kreativitas, kemandirian, dan kompetensi siswa sesuai dengan kompetensi dasar yang diamanatkan dalam kurikulum.

III. Pelaksanaan Program Pembimbingan dan Editing
a. Materi Pembimbingan
Materi pembimbingan difokuskan pada hal-hal berikut.
(1)penyusunan silabus yang sesuai dengan KTSP;
(2)pengembangan kompetensi dasar menjadi kegiatan pembelajaran;
(3)pengembangan materi pembelajaran yang tematis, bermakna, dan kontekstual;
(4)pengemasan materi dan kegiatan pembelajaran dalam bentuk modul dan lembar kegiatan.
Contoh materi sebagaimana terlampir.

b. Strategi Pelaksanaan
Strategi pembimbingan dilakukan dengan tahapan sebagai berikut.
(1)Pemahaman konsep kurkurikulum bidang studi bahasa Indonesia SD;
(2)Pemahaman cara-cara penyusunan sibalabus dan penerapanya dalam bidanga studi bahasa Indonesia SD;
(3)Pemahaman cara penyusunan modul dan lembar kerja yang berbasis keterampilan, dan penerapannya pada setiap kompetensi;
(4)Monitoring dan pemantapan setiap hasil kerja.

c. Peserta
Yang mengikuti kegiatan pembimbingan ini adalah semua guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Nama-nama peserta dan modul/lembar kerja yang ditulis sebagaimana terlampir.

d. Jadwal Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara periodik setiap hari Selasa siang (selepas jam sekolah) sejak Maret 2007 sampai dengan Juni 2007.

IV. Hasil Pelaksanaan
Kegiatan ini mengahasilkan seperangkat buku modul dan Lembar Kerja mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. Sampai laporan ini disusun, modul/lembar keja yang dihasilkan berjumlah 12 unit.

V. Penutup
1.Kegiatan pembimbingan dan editing penulisan buku ajar ini ternyata sangat efektif apabila dilaksanakan secara periodik dalam jangka waktu yang lama (satu semseter).
2.Kegiatan ini perlu diintensifkan terus sampai semua modul yang ditargetkan bisa tercapai.
3.Sarana internet perlu dilengkapi agar penulis modul bisa mengakses bahan-bahan yang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar